ACCF Bahas Peningkatan Mutu Layanan Rumah Sakit

Asean Corporate Culture Forum (ACCF) yang diprakarsai oleh ESQ menyelenggarakan seminar bertajuk “Meningkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Melalui Transformasi Budaya Kerja” di Granada Ballroom, Menara 165, Kamis (26/01).

Dalam seminar kali dihadiri oleh ratusan dokter dari berbagai rumah sakit swasta maupun negeri di Indonesia, untuk menimba ilmu dari para narasumber yang juga merupakan dokter, namun sudah bertransformasi menjadi seorang pimpinan atau direktur di tempatnya bekerja.

“Pemimpin yang harus mengambil peran untuk bisa melakukan perubahan besar dan jangan menunggu datang sendiri dari langit, perubahan itu harus dicontohkan dan diimplikasikan menjadi sebuah model bagi masyarakat organisasi,” ujar Bambang Wibowo, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Menurut dr. Sigit Priohutomo, Deputi Bidang Kordinasi Peningkatan kesehatan Kemenko PMK, ada tiga rimpun nilai strategis revolusi mental yaitu integritas, etos kerja, gotong royong.

Agus Suryanto selaku Direktur Utama RSUP Dr. Karyadi Semarang memaparkan, jika ingin merubah organisasi, maka individunya terlebih dahulu yang diubah. Langkah-langkah menuju perubahan budaya kerja yaitu dengan menyusun visi misi yang jelas, adanya pengukuran kinerja, tindak lanjut atas capaian kinerja.

Di sisi lain, Direktur Utama RS Aji Muhammad Parikesit dr. Martina Yulianti mengungkapkan, untuk menghadapi perubahan mendasar, maka antar pimpinan dan karyawan perlu membangun komitmen bersama, didukung dengan pembangunan budaya kerja yang didasari pada perilaku bersama yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

“Sebagai pimpinan di RS A.M Parikesit, saya melakukan personal transformastion, menanamkan persamaan visi kepada karyawan, menetapkan nilai-nilai yang bisa menjadi perilaku bagi staf rumah sakit, internalisasi dilakukan melalui training, membuat agent of change dari 10 persen karyawan yang ada. Selain itu, ada pemantapan-pemantapan secara spiritual juga yang diterapkan kepada staf kami,” katanya.

Ary Ginanjar selaku founder ESQ menutup acara dengan memberikan kesimpulan bahwa, siapapun bisa mencapai puncak karir mereka selama mereka mau berikhtiar dan berdoa serta mengikuti cara-cara yang sudah diajarkan oleh narasumber yang hadir. (santi)

Comments are closed