Berbisnis Sambil Memotivasi Generasi Muda Agar Kreatif

Riza Abiwinata, Wirausahawan Lukisan Typografi

Hobi berjualan saat masih belia, membuat seorang Sarjana  Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) ini mulai menekuni kesukaannya tersebut menjadi sebuah bisnis industri kreatif.

Walaupun pengalamannya selama di bangku kuliah berurusan dengan dunia politik dan hukum, tidak membuatnya berhenti untuk membuat karya. Tangannya yang kreatif dan otaknya yang cemerlang membuat seorang Riza Abiwinata membentuk sebuah bisnis yang dinamakan Riricreative.

Riricreative lahir pada 8 desember 2014 dengan tujuan yang diramu dalam sebuah slogan “Think Positive, Act Creative”. Karya terbaik dan teruniknya adalah lukisan typografi yang di dalamnya terdapat lebih dari 100 kata positif. Kata-kata positif tersebut digabungkan dan menyatu membentuk karakter wajah seseorang. Kata-kata positif ini berperan sebagai motivasi, doa, karakter, sekaligus harapan bagi orang yang memilikinya. Typografi ini adalah satu-satunya karya yang unik dan memiliki daya motivasi.

“Tujuan dari adanya karya ini adalah agar ketika kita melihat lukisan typografi tersebut, kita merasa termotivasi dan selalu berpikiran positif, jadi di dalam typografi tersebut tidak ada kata-kata bermakna negatif seperti tidak bohong, tetapi selalu dibuat positif menjadi kata  jujur”, ungkap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Ide awal Riricreative terbentuk ketika Riza belajar mengenai tulisan typografi secara acak atau otodidak, kemudian melalui survei yang dilakukannya, bahwa belum ada yang membuat tulisan typografi dalam bentuk wajah dengan background yang rapi. Hingga pada akhirnya terpikir untuk membuka bisnis kreatif dengan konsep typografi wajah yang dapat memotivasi orang lain ketika membacanya.

“Diharapkan Riricreative tidak hanya membuat karya yang hanya sekedar karya, tapi juga dapat bermanfaat bagi orang lain,” ujar pria berkacamata tersebut.

* Baca artikel selengkapnya di majalah ESQ Life edisi Februari 2017

Comments are closed