Cara Merawat Jok Mobil

Jok mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang sangat penting untuk dirawat kebersihannya.  Perawatan pada jok mobil perlu dilakukan agar terhindar dari kotoran atau jamur yang dapat merusak jok mobil Anda.

Semahal dan sebagus apapun sebuah mobil, jika joknya jarang dirawat dan dibersihkan, maka tentu saja akan membuat penumpangnya merasa kurang nyaman.

Karenanya, menjadi penting untuk merawat jok mobil agar tidak meninggalkan kotoran atau bahkan bau tak sedap akibat kurang perawatan. Solusi yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil agar mobilya tetap terjaga adalah melapisi seat cover atau pelapis jok yang terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti beludru, kulit asli, maupun kulit imitasi.

Perawatan jok berbahan dasar kulit asli perlu perawatan khusus. Cara perawatannya menggunakan obat kulit khusus jok setiap dua minggu sekali. Selain itu, bisa menggunakan hand and body lotion sebagai pengganti obat kulit.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pelapis jok juga membutuhkan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenisnya, agar kondisinya terjaga dengan baik dan seat cover jok awet selama bertahun-tahun.

Berikut ini Adi, seorang penanggung jawab bengkel bernama Mr Seat Car Leather yang terletak di bilangan Jakarta Selatan, berbagi tips merawat dan membersihkan jok mobil Anda dengan jenisnya masing-masing.

1. Jok Kulit Asli atau Original Leather

Cara membersihkan :

  • Siapkan alat-alat yang bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil Anda, seperi lap kering, plas chamois, sikat, dan vacuum cleaner (jika ada). Agar saat proses membersihkan semakin optimal, sebaiknya siapkan juga obat atau cairan pembersih khusus jok kulit yang banyak tersedia di pasaran atau toko variasi mobil. Gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan bagian-bagian jok yang sulit terjangkau oleh tangan. Kemudian basahi plas chamois (tapi jangan terlalu basah) untuk mengusap permukaan jok.
  • Jangan tuangkan obat pembersih ke bagian jok yang belum Anda kerjakan, karena obat tersebut akan mengering sebelum Anda kerjakan dan bisa menimbulkan noda atau flek. Tuangkan secara bertahap obat pembersih ke bagian yang sedang Anda kerjakan saja.
  • Pada bagian jok yang sudah diberi obat pembersih, sikat secara perlahan dengan cara searah. Sebaiknya saat menyikat jangan menekan terlalu keras. Ulangi hingga beberapa kali jika dirasa jok masih belum bersih benar.
  • Setelah proses menyikat selesai, segera keringkan bagian tersebut dengan kain kering yang bersih sebelum obat pembersihnya mengering.

Cara merawat:

  • Jika terkena atau terdapat noda, segera bersihkan. Karena semakin lama noda tersebut dibiarkan, maka akan semakin sulit juga untuk dibersihkan.
  • Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin minimal dua minggu sekali.
  • Untuk menjaga kelembapannya, bisa menggunakan hand and body lotion yang tersedia di warung atau supermarket untuk menjaga kelembapan jok kulit Anda.
  • Sebisa mungkin hindari parkir terlalu lama di bawah terik sinar matahari langsung. Atau jika memang terpaksa sebaiknya gunakan sun visor.

2. Jok Semi Kulit atau Synthetic Leather

Cara membersihkan :

  • Saat membersihkan noda yang menempel atau saat melakukan perawatan sebaiknya gunakan obat pembersih jok yang terbuat dari semi kulit yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan shampoo, pembersih kaca, atau sabun cuci piring jika tidak mendapatkan obat pembersih tersebut. Hindari penggunaan deterjen, alkohol, atau pembersih ban karena kedua zat tersebut bisa menyebabkan jok yang terbuat dari semi kulit mudah rusak.
  • Jika noda yang menempel hanya terkena cairan tinta, segera lap dengan kain bersih yang sedikit basah sebelum tinta tersebut mengering dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Cara merawat:

  • Saat hendak memarkir mobil, sebaiknya carilah lokasi yang teduh atau tidak terlalu terkena panas matahari langsung untuk menghindari keretakan pada jok.
  • Berikan obat pembersih jok semi kulit secara rutin minimal dua kali sebulan.

* Baca artikel selengkapnya di majalah ESQ Life edisi Februari 2017

Comments are closed