Ketika Bekerja Sebagai Ibadah, Akan Terjadi Totalitas

Johari Zein, Komisaris PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)

Petikan kalimat “Jangan berhenti belajar” menjadi suatu motivasi bagi siapapun. Kalimat inilah yang disampaikan Komisaris JNE Johari Zein saat ditemui ESQ Life beberapa waktu silam. Bergelut di dunia usaha jasa kurir JNE dilaluinya dengan suka duka.

“Menjalankan suatu usaha tentu berbicara mengenai visi, misi, juga strategi. Setiap waktu strategi yang digunakan selalu berbeda. Ketika kami (JNE) kecil, kami tidak mungkin mencari tambahan dana dengan cara meminjamnya melalui bank. Hal ini dikarenakan volume (transaksi, red) kami masih sangat kecil. Kami hanya fokus menjalankan usaha ini kecil-kecilan. Apa adanya saja menjalankan usaha ini saat masa-masa awal,” jelas alumnus training ESQ ini.

Ketika JNE menjadi lebih besar seperti sekarang ini, perusahaan menuntut kompetensi yang lebih besar. “Setiap karyawan bila ingin sukses jangan pernah berhenti belajar. Pegawai yang mau belajarlah yang akan sukses. Ketika JNE menjadi besar, maka perlu ada beberapa lompatan. Beranjak dari 400 ribu kiriman per harinya dan ditargetkan naik hingga satu juta pengiriman setiap harinya, harus ada ekstra effort. Selain kami membutuhkan dana, kami juga harus memberikan pelatihan kepada setiap pegawai. Pegawainya juga harus mau belajar,” jelas pria 62 tahun ini.

* Baca artikel selengkapnya di majalah ESQ Life edisi Februari 2017

Comments are closed