Mengubah Mindset Pensiunan Melalui Memory Bank

ESQ MPP (Masa Persiapan Pensiun) menyelenggarakan ESQ based Strategic HR Management in Economical Crisis dengan tema “Peta Sukses Mengelola Dana, Emosi dan Spiritual Ribuan Karyawan Perusahaan”, Rabu (25/01), di Granada Ballroom, Menara 165.

Puluhan Human Resource dari berbagai perusahaan negeri maupun swasta di Indonesia datang untuk mengikuti acara tersebut. Kali ini yang menjadi narasumber adalah Founder ESQ Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Muhammad Aditya Warman MBA.

ESQ MPP (Masa Persiapan Pensiun) adalah bagian dari ESQ Group. Perusahaan yang fokus pada program pelatihan dan konsultasi yang berhubungan dengan masa pensiun. “MPP itu ada 3 fondasi yang tidak boleh dilupakan, keyakinan diri, membangun komunitas, dan passion,” ujar Adit.

Menurutnya, persiapan sebelum pensiun berangkat dari keyakinan diri sendiri dan bukan organisasi ataupun instansi. Misalkan keyakinannya mau jadi guru, pengusaha, dan lain-lain. Setelah keyakinan ada, bangun komunitas sesuai dengan keyakinan tersebut, pastikan synergy activity-nya mendorong keyakinannya. Jika 3 hal itu terpenuhi akan muncul passion. Kemudian, lanjut dia, dari passion itulah bisa melahirkan kegiatan yang dapat mengisi aktivitas di kala pensiun. Melatih skill para karyawan merupakan kewajiban bagi para human resource sedari dini,

Menurut Ary Ginanjar, persiapan yang baik menjelang pensiun ada 3, yaitu kemampuan mental dalam menghadapi perubahan, agar tidak goncang dan stabil. Ini merupakan faktor penentu 90 persen keberhasilan. Tahap kedua adalah mindset. mengubah mindset menjadi seorang yang positif. Tahap ketiga yakni skill. Pembentukan skill menjadi pengusaha, bekerja, atau skill lainnya yang dapat menunjang hidup setelah pensiun.

“Kunci mengubah mental adalah membentuk memory bank dengan metode yang dimiliki ESQ. Kadang kita tidak mempersiapkan mental dalam menghadapi perubahan teknologi. Sehingga banyak yang tertinggal karena mereka tidak siap dengan perubahan yang terjadi,” ungkapnya. (santi)

Comments are closed