Pemimpin & Pribadi yang Hebat

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wa Barakatuh.

Selamat Pagi Keluarga Bahagia!

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberi kemudahan bagi kita bersama keluarga dalam menjalani berbagai aktifitas. Amin

Semua orang pasti ingin dan berharap bisa menjadi pemimpin dan pribadi yang baik di hadapan orang banyak. Berbicara tentang pemimpin dan pribadi yang baik, ternyata memiliki beberapa kriteria yang dibutuhkan.

Shidiq, yaitu jujur, kebenaran dan kesungguhan dalam bersikap, berucap dan bertindak di dalam melaksanakan tugasnya. Lawannya adalah bohong.

Amanah, yaitu kepercayaan yang menjadikan dia memelihara dan menjaga sebaik-baiknya apa yang diamanahkan kepadanya, baik dari orang-orang yang dipimpinnya, terlebih lagi dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Lawannya adalah khianat.

Tabligh, yaitu penyampaian secara jujur dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang diambilnya (akuntabilitas dan transparansi). Misalnya harus mampu mengkomunikasikan dengan baik kepada rakyat atau siapapun yang dipimpinnya tentang visi, misi dan program-programnya serta segala macam peraturan yang ada secara jujur dan transparan.

Fathonah, yaitu kecerdasan, cakap, dan handal yang melahirkan kemampuan menghadapi dan menanggulangi persoalan yang muncul. Lawannya adalah bodoh.

Sikap-sikap inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam kepada umatnya. Dan tentu saja hal-hal tersebut adalah pedoman melihat kepemimpinan seseorang, memilih seorang pemimpin, dan menjadi syarat memimpin bagi setiap Muslim.

Beberapa kriteria lainnya yang penting sebagai syarat memimpin adalah dia beragama Islam, beriman dan beramal sholeh, memiliki niat yang lurus,  pemimpin laki-laki untuk kemaslahatan umat, tidak meminta jabatan, berpegang pada hukum Allah, tidak menerima hadiah,  kuat dan sehat, berlemah lembut, tegas dan bukan peragu, memutuskan perkara dengan adil, sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam”Tidaklah seorang pemimpin mempunyai perkara kecuali ia akan datang dengannya pada hari kiamat dengan kondisi terikat, entah ia akan diselamatkan oleh keadilan, atau akan dijerusmuskan oleh kezhalimannya”. (HR Baihaqi dari Abu Hurairah dalam kitab Al-Kabir).

Sesuai dengan kriteria-kriteria tersebut, semoga bisa menjadi motivasi bagi kita dan keluarga serta masyarakat untuk menjadi atau memilih pemimpin yang baik dan hebat sesuai tuntunan agama.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.

Tetap waspada dan jauhkan keluarga kita dari bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memudahkan langkah kita. Amin

 

Pemimpin Redaksi

Ave Rosa A. Djalil

Comments are closed