Semi-Klasik Modern

Kediaman Dewa Ayu Anggi Saraswathi

Konsep bangunan yang diterapkan oleh Dewa Ayu Anggi Saraswathi, seorang ibu dua orang anak, adalah rumah dengan banyak bukaan jendela untuk memaksimalkan masuknya cahaya dan udara segar. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang lebih sering beraktivitas didalam rumah, Anggi ingin membuat suasana rumahnya nyaman dan bersih, serta terasa seperti di kampung halamannya di Bali.

“Jadi rumah ini tuh sebetulnya dikonsepkan untuk kedatangan orang tua saya agar betah tinggal di sini. Saya lebih banyak mengadaptasi setelan budaya Bali. Beberapa ornamen didatangkan langsung dari Bali,” ujarnya.

Rumah bergaya semi klasik-modern tersebut tidak hanya didukung dengan ornamen-ornamen asli Bali, tapi juga memperhatikan tata cahaya dan udara yang masuk ke dalam rumah, agar suasana tropis tetap dirasakan walaupun sedang berada di dalam rumah.

“Saya sengaja memasang banyak jendela pada rumah saya, agar udara alami dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Tidak lupa juga ventilasi udara di bagian belakang rumah dibuat agar sirkulasi udara dapat berlangsung. Jadi udara yang masuk dari bagian depan dapat keluar dari belakang,” terang wanita yang berprofesi sebagai konsultan konstruksi dan kontraktor ini.

Anggi juga memberikan tips bagaimana jika ingin membangun rumah yang ideal sesuai dengan karakter keluarga.

Pertama, mengetahui konsep dari keluarga. Upayakan agar ketika membangun rumah tidak menghilangkan latar belakang keluarga inti. Biasanya walaupun tinggal jauh dari kampung halaman, ketika tinggal di rumah rasanya ingin seperti di kampung halaman.

Kedua, perhatikan bagaimana kegiatan sehari-hari di rumah. Bagi keluarga yang suka mengajak orang lain kumpul di rumah, maka optimalkan keberadaan ruang tamu yang digunakan untuk ngobrol santai maupun formal. Tapi kalau tidak sering menerima tamu, berarti private room-nya yang diutamakan. Sedangkan ruang tamunya kecil saja.

Kemudian, buat ayah, Ibu atau anak yang hobi masak, optimalkan dapurnya. Ketinggian meja, rak piring, dan perabotan lainnya disesuaikan dengan ukuran dan tinggi badan keluarga.

* Baca artikel selengkapnya di majalah ESQ Life edisi Februari 2017

Comments are closed